Sampingan

ASSALAM MUALAKUM.  

sahabat  ,saudara dan para jemaah haji yang ingin berbagi pengalaman bersama sama diruangan sederhana ini.perkenalkan .nama saya h didi ms dari celegon banten.          

saya ingin berbagi pengalaman haji saya dan istri tahun 1997 

saya lahir di propisi babel. dulu pulau bangka belitung propinsi sumatra selatan.masa kecil saya penuh dengan kesedihan dan kemiskinan 

saya umur 6 tahun ayah saya meninggal.waktu sekolah dulu saya pake baju rombeng dan sendal jepit.pulang dari sekolah aku saudara ku 6 orang ,satu bayi umur 1 tahun laki laki dan 2 orang balita 3tahun dan4tahun cewek .kami bergantian dengan 3 orang kakak ku yang pertama umur 11 tahun kedua 9 tahun dan 7 tahun yang ke 3. menjaga adik adik.sahabatku anda bisa bayang kan keadaan ekonomi kami pada waktu itu sekitar tahun 1970.hampir setiap hari kami makan singkong rebus bahasa bangka ubi rebus ,hanya kebon singkong yang kami punya.jatah makan nasi hanya saya dan 3adik adik yang masih kecil.untuk 3orang kakak saya makan nasi yang dicampur ma jagung di tumbuk. kadang kadang dicampur ama singkong .rumah yang kami tempati benar benar bukan rumah yang layak huni .jendela dan pintu belum ada tutup nya lampu nya dari minyak templok.lantai nya tanah. kalo malam kedinginan alham dulillah tidak bocor.ibu saya almarhum. o  ya ibu saya baru meninggal 10 hari yang lalu saat tulisan ini saya tulis.beliau  selalu mengajarkan kami anak anak  nya  harus mandiri dan tidak minta belas  kasihan orang lain.saat saya naik ke kelas 5 . tahun 1975 saya dan beberapa orang temen dipindahkan ke sekolah anak keturunan tionghoa pada saat itu disebut  pembauran .di sekolah ini sayamerasakan arti kebersamaan sesama anak manusia sekalipun saya anak yang gak mampu,kami saling berteman dan senda gurau.dan saling membantu mengerjakan soal. namanya liu shu shen mungkin waktu itu cinta monyet.guru kami orang tionghoa namanya ibu fonila .orang nya galak tapi dedikasi tingi. entah dimana mereka kawan kawan dulu  liu shu shen ibu fonila liung shu shia dan bong polon cewek gembrok tapi cantik ,he he he . dan untuk sahabat paling dekat liu shu shen  kapan kita biasa bertemulagi .

saat kabar kelulusan adalah saat paling bahagia bagi semua temen temen tapi bagi ku itu adalahsiksaan karena anak aku tidak bisa meneruskan lagi ke smp. karena gak ada biaya,aku jadi penganguran.aku coba bekerja dikuli bangunan dan serabutan.pada saat aku 18 tahun beberapa orang temen ku mengajak merantau ke jakarta ,tampa bekal keterampilan dan hanya ijasah sd yang aku punya untuk menaklukan jakarta modal saya hanya doa ibu dan allah swt . oya sampai disini dulu nanti lanjutkanhanges to this page or add another page.

By digatour & travel

Tinggalkan Balasan

